Jalani Pengobatan, Dea Peserta PBI APBD DKI Jakarta Ini Dapatkan Pelayanan Maksimal

Penulis : Humas Dibaca : 256 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 01 Dec 2019 08:10:00

Jakarta Barat, Jamkesnews- Menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sejak tahun 2014, Dea Meningrum (27) bersyukur telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah menanggung dirinya dan anaknya.

“Pertama kali saya merasakan manfaat Program JKN-KIS dimulai ketika saya hamil untuk anak pertama saya. Dari awal hamil sampai melahirkan, saya selalu mennggunakan KIS. Jadi saya tidak perlu khawatir mengenai pengobatan saya dan anak saya,” jelas Dea mengawali ceritanya pada Tim Jamkesnews pada Rabu (27/11) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat.

Dea mengaku merasa aman dan lancar pada saat menggunakan KIS sejak ia kontrol kehamilan sampai melahirkan anaknya di Puskesmas Kecamatan Cengkareng pada Bulan Desember 2019. Pada saat itu, Dea merasa sangat terbantu dengan tenaga medis dan pihak Puskesmas Kecamatan Cengkareng yang tanggap dan sigap dalam menangani persalinannya. Bahka, pihak Puskesmas Kecamatan Cengkareng juga membantu pengurusan kepesertaan JKN-KIS bagi anaknya yang baru lahir. Jadi, Dea tidak mengalami kesusahan pendaftaran.

 “Pada Bulan April 2019 ini, saya mendapatkan pengalaman lain. Saat itu perut saya sakit dan kemudian saya berobat ke Puskesmas Kecamatan Cengkareng. Kemudian dokter di Puskesmas memutuskan untuk merujuk saya ke Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi. Dokter di rumah sakit menjelaskan kalau saya harus dioperasi dengan diagnosa appendicitis,” ceritanya.

Dea menjalani rawat inap selama 4 hari, dan satu minggu pasca operasi Dea menjalani kontrol ke Puskesmas Kecamatan Cengkareng.

“Menurut apa yang telah saya alami melalui pelayanan baik dari BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Puskesmas Kecamatan Cengkareng dan Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi merasa nyaman karena tidak merasa dipersulit dari pihak manapun. Selain itu, dari melahirkan sampai sekarang kontrol pasca operasi saya tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Harapan saya BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS bisa tetap memberikan pelayanan yang baik buat masyarakat,” tutup Dea. (NH/dn)


File :