Mudahkan Peserta, BPJS Kesehatan Kembangkan BPJS Satu

Penulis : Humas Dibaca : 718 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 16 Dec 2019 07:53:54

Depok, Jamkesnews – Sebagai penyelenggara Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Berbagai kemudahan pun terus dikembangkan. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan BPJS Satu (Siap Membantu) yang senantiasa membantu peserta JKN-KIS di rumah sakit.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Irfan Qadarusman mengungkapkan bahwa BPJS Satu bertujuan memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta. Menurutnya, hal ini agar peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan yang terbaik.

“Jadi jika peserta JKN-KIS yang berobat di rumah sakit butuh informasi terkait Program JKN-KIS atau ada keluhan atas pelayanan yang diterima selama menjalani pengobatan, maka peserta bisa menemui petugas BPJS Satu. Nanti petugas BPJS Satu akan senantiasa membantu. Baik dengan memberikan penjelasan atau informasi-informasi tentang JKN-KIS, maupun membantu menyelesaikan keluhan peserta. Petugas pun mengenakan rompi khusus berwarna kuning dan akan dilengkapi dengan tranportasi sepeda atau skuter untuk mempercepatnya geraknya, terutama di rumah sakit yang besar dan luas,” ujar Irfan, Jumat (13/12).

Irfan mengungkapkan bahwa dengan dikembangkannya BPJS Satu, maka peserta JKN-KIS tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan. Karena informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh di BPJS Satu, atau kendala yang dialami saat menjalani pengobatan bisa diselesaikan di rumah sakit oleh BPJS Satu. Jadi lebih mudah dan peserta juga akan hemat waktu dan biaya.

“Alurnya sangat simple, peserta tinggal datang ke loket BPJS Satu. Kemudian petugas BPJS Satu akan mencatat identitas dan mengidentifikasi kebutuhan peserta. Kemudian petugas BPJS Satu akan memberikan penjelasan yang dibutuhkan peserta. Begitu pula dengan keluhan peserta. Kalau keluhannya sifatnya bisa langsung diselesaikan, maka petugas BPJSSatu akan langsung menindaklanjuti. Tapi kalau berat dan butuh ekskalasi, maka akan diekskalasi ke kantor cabang,” ujar Irfan.

Sementara itu, salah satu peserta JKN-KIS asal Kota Depok Anni Sofia mengungkapkan bahwa ia merasa senang dengan kehadiran BPJS Satu. Menurutnya hal ini akan sangat membantu peserta dan tentunya berdampak positif terhadap pelayanan yang diberikan.

“Biasanya peserta merasa bingung kalau butuh infomasi di rumah sakit. Atau saat ada keluhan bingung akan disampaikan kemana. Jadi dengan adanya BPJS Satu ini saya rasa akan sangat bermanfaat. Jadi jelas tempatnya kalau butuh informasi bisa diperoleh dimana, atau kalau mau menyampaikan keluhan disampaikan kemana, apalagi petugasnya mengenakan rompi kuning yang mudah terlihat dan dikenali,” ujar Anni.

Irfan berharap agar Program JKN-KIS dapat berjalan dengan optimal. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk pihak fasilitas kesehatan yang telah berperan aktif memberikan pelayanan terbaiknya kepada peserta JKN-KIS. (DT/mr)


File :