BPJS SATU! Meluncur, Pasien Pun Bersyukur

Penulis : Humas Dibaca : 16153 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 19 Dec 2019 11:18:00

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Dalam rangka memberikan kemudahan dan pelayanan optimal kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terutama peserta yang berada di rumah sakit, BPJS Kesehatan meluncurkan program BPJS Siap Membantu atau disebut juga BPJS SATU!. Program tersebut merupakan program yang mengoptimalkan petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) yang bertugas di rumah sakit.

Saat kunjungannya ke Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan Desfauzi Umar mengatakan melalui BPJS SATU petugas PIPP akan lebih proaktif melakukan koordinasi dengan petugas rumah sakit dalam pelayanan informasi dan penanganan pengaduan peserta. Selain itu, petugas juga akan melakukan Customer Visit kepada peserta yang melakukan pengaduan, dan memastikan permasalahan peserta diselesaikan sampai tuntas.

“Inti dari BPJS SATU ini adalah terintegrasinya pemberian informasi dan penanganan keluhan antara BPJS Kesehatan dengan rumah sakit, sehingga mengurangi terjadinya miskomunikasi serta memberikan kepastian pelayanan kepada peserta, sehingga akan meningkatkan kepuasan peserta,” ujar Desfauzi.

Desfauzi menambahkan program BPJS SATU telah dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan seperti contohnya di Rumah Sakit Pasar Minggu. Petugas PIPP rumah sakit memakai rompi khusus dalam bertugas sehingga mudah dikenali oleh peserta JKN-KIS. Setiap harinya, petugas PIPP akan berkeliling di rumah sakit untuk melihat apakah ada peserta JKN-KIS yang memerlukan bantuan. Selain tentunya juga melakukan koordinasi dengan rumah sakit dan melaksanakan tugas yang telah dijelaskan diatas.

“Kini dengan BPJS SATU, peserta yang berada di rumah sakit akan lebih mudah mengenalinya. Petugas kami akan mengenakan rompi berwarna kuning yang bertuliskan BPJS Satu di bagian belakangnya, sehingga mudah dikenali oleh setiap peserta di rumah akit,” tambahnya.

Program BPJS SATU! Ini mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta JKN-KIS yang menjadi pasien di rumah sakit, salah satunya Rosni. Ibu rumah tangga yang mendapatkan rujukan dari klinik tempat anaknya berobat ke Rumah Sakit Pasar Minggu ini sempat kebingungan harus datang ke bagian apa.

“Untungnya, saat itu saya melihat ada petugas pakai rompi kuning BPJS (petugas PIPP) yang kebetulan lewat. Saya langsung meminta tolong untuk dijelaskan alur rujukan, dan petugas tersebut langsung membantu saya. Alhamdulillah, petugas membantu sampai anak saya bisa mendapatkan pelayanan,” ujar Rosni.

Rosni juga mengatakan jika dirinya juga diberitahu banyak informasi terbaru tentang JKN-KIS, salah satunya Perubahan Kelas Perawatan Tidak Sulit (BPJS Praktis). Rosni pun tahu jika sampai tanggal 30 April 2020, perubahan kelas rawat dapat langsung dilakukan tanpa harus menunggu satu tahun dari kelas rawat sebelumnya. Hebatnya lagi, perubahan kelas rawat dapat dilakukan dengan aplikasi Mobile JKN.

“Saya senang petugas BPJS Satu juga membantu saya mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Saya mengucapkan terima kasih atas kesigapan petugas BPJS Satu yang telah membantu saya dan memberikan saya informasi yang bermanfaat,” lanjut Rosni. (RI/sw)


File :