Identik Dengan Rompi Kuning, Petugas BPJS SATU! Siap Layani Peserta di Rumah Sakit

Penulis : Humas Dibaca : 953 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 17 Dec 2019 15:20:00

Sorong, Jamkesnews – Gerakan BPJS Satu (BPJS Siap membantu) merupakan salah satu inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk mempermudah peserta dalam mendapatkan layanan di Rumah Sakit. Kemudahan yang dimaksud meliputi pemberian informasi terbaru terkait Program JKN-KIS, mengedukasi peserta terkait alur, pelayanan penanganan pengaduan, serta memastikan terselesaikannya pengaduan peserta.

Salah satu peserta JKN-KIS yang sedang berkunjung ke RSUD Sele be Solu Sorong, Rusdiah (57) mengaku sangat terbantu dengan adanya kunjungan dari Petugas BPJS Satu pada, Senin (16/12). Ia mengaku dapat lebih leluasa mendapatkan informasi terkait Program JKN-KIS khususnya terkait beberapa prosedur yang masih belum ia pahami.

“Saya mendapatkan rujukan ke poli syaraf, sementara antri didatangi petugas BPJS Satu yang memakai rompi kuning. Informasi ataupun pengaduan bisa langsung ditanyakan  dan dapat diselesaikan dengan tuntas. Kunjungan seperti ini yang kami butuhkan karena sangat membantu kami mendapatkan informasi atau menyampaikan pengaduan. Saya harap BPJS Satu ini dapat terus dilakukan secara rutin oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan lain, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Harbu Hakim menjelaskan BPJS Satu akan menjadi salah satu upaya unggulan BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan serta kepuasan peserta yang ada di Rumah Sakit. Ia pun mengungkapkan, masyarakat akan sangat dimudahkan untuk mengenali petugas BPJS Satu karena menggunakan atribut khusus saat berkunjung.

“Petugas BPJS Satu kami akan rutin mengunjungi dan melakukan costumer visit ke pasien rawat inap maupun rawat jalan. Masyarakat cukup mengenali petugas dengan rompi khusus, dan bisa mengajukan pengaduan ataupun meminta informasi terkait JKN-KIS. Harapannya gerakan ini dapat mempermudah peserta dalam mendapatkan pelayanan,” jelas Harbu.

Harbu menambahkan dengan diterapkannya BPJS Satu ini, maka peserta JKN-KIS tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan saat mengalami kendala pelayanan di Rumah Sakit. Karena informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh di BPJS Satu bisa diselesaikan di rumah sakit oleh BPJS Satu.

"Tentunya dengan BPJS Satu ini  akan lebih mempermudah peserta yang mengalami kesulitan maupun memerlukan informasi ketika berada di rumah sakit. Untuk keluhan yang sifatnya bisa diselesaikan, kami  akan tindaklanjuti dan tuntaskan segera. Tetapi jika permasalahannya berhubungan dengan unit lain, maka tentu akan kami koordinasikan terlebih dahulu ke unit-unit yang terkait supaya langkah antisipasi maupun solusinya bisa segera kita berikan kepada peserta JKN-KIS yang mengalami kesulitan," tuntasnya. (TR/ws)


File :