Dengan BPJS Satu Peserta Menjadi Terbantu

Penulis : Humas Dibaca : 612 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 22 Dec 2019 09:12:00

Sumedang, Jamkesnews – Gerakan BPJS SATU! (BPJS Siap membantu) merupakan salah satu inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk memberikan kemudahan kepada peserta dalam mendapatkan layanan di rumah sakit. Kemudahan yang dimaksud meliputi pemberian informasi terbaru terkait Program JKN-KIS, mengedukasi peserta terkait alur, pelayanan penanganan pengaduan, serta memastikan terselesaikannya pengaduan peserta.

Sejak diluncurkan layanan BPJS SATU! di rumah sakit, diakui banyak peserta JKN-KIS merasa terbantu akan perannya, salah satunya yaitu Tera Dwi (34). Peserta JKN-KIS yang kala itu sedang menunggu antrean obat di RSUD Sumedang mengaku sangat terbantu dengan adanya kunjungan dari petugas BPJS SATU! Ia mengaku dapat lebih leluasa mendapatkan informasi terkait Program JKN-KIS khususnya terkait beberapa prosedur yang masih belum mengetahui, dan Alhamdulillah sekarang menjadi lebih mudah dalam mendapatkan informasi.

“Saya mendapatkan rujukan dari Puskesmas Buahdua, sementara antre didatangi petugas BPJS SATU! yang memakai rompi kuning. Informasi ataupun pengaduan bisa langsung ditanyakan dan dapat diselesaikan dengan tuntas. Kunjungan seperti ini yang kami butuhkan karena sangat membantu kami mendapatkan informasi atau menyampaikan pengaduan. Saya harap BPJS SATU! ini dapat terus dilakukan secara rutin oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Tera saat dijumpai tim Jamkesnews pada Rabu (18/12).

Tera menambahkan bahwa peserta yang sedang berobat di rumah sakit sudah tidak perlu mencari petugas BPJS SATU! kemanapun, karena menurutnya petugas BPJS SATU! akan dengan sendirinya datang menghampiri peserta JKN-KIS. Selain itu, ia mengatakan petugas BPJS SATU! Sangat mudah dikenal dan diingat, melihat bahwa seragam yang dikenakan sangat mencolok sehingga mudah diingat oleh siapapun.

Salah satu petugas BPJS SATU! Sinta yang bertugas di RSUD Sumedang rutin mengunjungi dan melakukan costumevisit ke pasien rawat inap maupun rawat jalan. Peserta atau masyarakat pada umumnya cukup mengenali petugas dengan rompi khusus, dan bisa mengajukan pengaduan ataupun meminta informasi terkait JKN-KIS. Harapannya gerakan ini dapat mempermudah peserta dalam mendapatkan pelayanan.

“Bagi peserta yang berada di rumah sakit sudah tidak perlu khawatir jika memiliki kendala saat ingin berobat. Kami hadir di tengah-tengah peserta untuk membantu dan terus memberikan kemudahan pelayanan dan informasi kepada peserta JKN-KIS yang berada di rumah sakit, sehingga semua kendala nantinya akan terselesaikan hingga tuntas,” terang Sinta.

Sinta menambahkan dengan diterapkannya BPJS SATU! ini, maka peserta JKN-KIS tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan saat mengalami kendala pelayanan di rumah sakit. Karena informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh dan dapat terselesaikan dengan bantuan petugas BPJS SATU!

“BPJS SATU! Sebisa mungkin akan membantu menyelesaikan segala keluhan yang dirasakan oleh peserta di rumah sakit. Tetapi jika permasalahannya berhubungan dengan unit lain, maka tentu akan kami koordinasikan terlebih dahulu ke unit-unit yang terkait supaya langkah antisipasi maupun solusinya bisa segera kita berikan kepada peserta JKN-KIS yang mengalami kesulitan," tuntasnya. (BS/ak)


File :