Pemda Pegunungan Arfak, Percayakan Jaminan Kesehatan Masyarakatnya Lewat JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 1225 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 23 Dec 2019 09:21:34

Pegunungan Arfak, Jamkesnews – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat. Dengan hadirnya Program JKN-KIS, Pemerintah berharap agar seluruh masyarakat tanpa terkecuali memiliki suatu jaminan kesehatan yang pasti, sehingga tidak ada lagi keraguan untuk segera memeriksakan diri dan berobat bila jatuh sakit.

Mias Towansiba (39), salah satu peserta JKN-KIS dari segmen penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah (PBI APBD) yang telah merasakan besarnya manfaat dari Program JKN-KIS.

Ketika ditemui oleh Tim Jamkesnews di BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Pegunungan Arfak, Jumat (20/12) Mias yang beralamat lengkap di Kampung  Irbos, Taige menceritakan pengalamannya sebagai peserta JKN-KIS.

“Kami sekeluarga sangat terbantu dengan hadirnya Program JKN-KIS, karena kami sekeluarga telah memiliki jaminan kesehatan. Bila tiba-tiba jatuh sakit pun bisa segara berobat tanpa perlu mencemaskan biaya yang harus dikeluarkan. Kami telah didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS dari segmen penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah. Iuran JKN-KIS kami dibayarkan oleh Pemerintah Daerah sehingga kami hanya memanfaatkan kartu JKN-KIS yang kami miliki” ujar Mias.

Mias juga menambahkan bahwa walaupun dirinya tinggal di daerah yang lokasinya jauh dari pusat perkotaan, ia tidak merasa cemas terhadap pelayanan kesehatan di daerah tersebut berkat hadirnya Program JKN-KIS.

“Walaupun berada di daerah yang bisa dikatakan cukup terpencil, saya dan keluarga tidak ragu terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada kami peserta JKN-KIS, karena saya telah merasakan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh tim medis dalam hal ini yaitu Dokter maupun perawat ketika saya berobat menggunakan kartu JKN-KIS. Menurut saya, pelayanan yang saya terima sangat baik dan sampai dengan saat ini, saya tidak pernah mendapatkan kendala sedikitpun ketika berobat menggunakan kartu JKN-KIS” tutur Mias.

Menutup percakapannya, Mias menyampaikan harapannya terhadap Program JKN-KIS untuk kedepannya. Mias berharap agar Program JKN-KIS akan terus berkelanjutan, karena ia pribadi sangat merasa terbantu.

“Saya sekeluarga merasa terbantu dengan hadirnya Program JKN-KIS, terutama dari sisi pembiayaan. Oleh karena itu, saya berharap Program JKN-KIS yang sangat bermanfaat ini, akan terus ada untuk tahun-tahun selanjutnya dan semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari Program JKN-KIS.


File :