Evaluasi Kader JKN Kenalkan Program Praktis

Penulis : Humas Dibaca : 410 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 01 Jan 2020 10:15:00

Muara Teweh, Jamkesnews – Melalui evaluasi rutin terakhir yang diadakan di penghujung tahun 2019, Kader JKN diharapkan lebih semangat untuk mengawali tahun 2020. Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Iwan Adriady dalam kegiatan evaluasi rutin BPJS Kesehatan Muara Teweh bersama Kader JKN di ruang rapat BPJS Kesehatan Muara Teweh, Senin (30/12)

“Diharapkan tahun 2020 menjadi semangat baru bagi Kader JKN dalam melaksanakan tugasnya, kami ucapkan terima kasih karena telah dengan sepenuh hati turut mengedukasi dan memberikan informasi program JKN-KIS kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing,” ucap Iwan.

Kader JKN sendiri merupakan orang yang memiliki kapasitas sesuai dengan kriteria tertentu dan direkrut oleh BPJS Kesehatan sebagai mitra untuk melakukan fungsi tertentu di suatu wilayah tertentu. Ada sejumlah fungsi yang diemban Kader JKN yaitu fungsi pengingat dan pengumpul iuran, fungsi pemasaran sosial, fungsi kepesertaan, dan fungsi pemberi informasi dan menerima keluhan.

Iwan menyebut evaluasi terakhir di tahun 2020 ini jugasebagai wadah untuk tukar informasi berkaitan dengan program terbaru.

“Dari kegiatan ini kita sampaikan berkaitan dengan program terbaru seperti adanya program Perubahan Kelas Tidak Sulit (PRAKTIS) dimana peserta dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang ingin menyesuaikan iuran perbulannya dapat melakukan penurunan kelas hingga 2 tingkat di bawahnya. Misalkan dari Kelas 1 ke kelas 3. Dengan syarat terdaftar sebelum 1 Januari 2020 walaupun masih belum mencapai satu tahun kepesertaannya, program PRAKTIS ini berlaku mulai tanggal 9 Desember 2019 hingga 30 April 2020,” tambah Iwan

Laily, salah seorang Kader JKN BPJS Kesehatan Muara Teweh menyebut program PRAKTIS menjadi informasi yang penting mengingat adanya penyesuaian iuran di januari 2020.

“Bagi peserta yang mau menyesuaikan iuran dengan kemampuan bayarnya, program PRAKTIS ini menjadi informasi penting yang dapat kami sampaikan ke masyarakat sehingga pembayaran dapat lancar dan terhindar dari kartu tidak aktif dikarenakan menunggak iurannya,” ucap Laily

Hingga Desember 2019, BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh memiliki 3 orang Kader JKN yang masing-masing bertugas di kecamatan Teweh Selatan,  Kelurahan Lanjas , dan Kelurahan Melayu Kabupaten Barito Utara. (KA/hk)


File :