Aplikasi Campernik di RSUD Cicalengka Permudah Daftar Antrian Bisa Dari Rumah

Penulis : Humas Dibaca : 138 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 11 Jan 2020 00:00:00
Soreang, Jamkesnews – Hadirnya aplikasi pendaftaran pasien yang diciptakan oleh RSUD Cicalengka Kabupaten Bandung disinyalir dapat memudahkan peserta JKN-KIS yag ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut. Selain untuk meminimalisir antrean di rumah sakit, hadirnya aplikasi tersebut juga dapat memberikan dampak bagus bagi pasien lainnya yang ingin mendapatkan pelayanan tanpa harus menyisihkan waktunya untuk antre sangat pagi di rumah sakit.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN juga telah menambah fitur baru bagi peserta JKN-KIS untuk dapat menikmati fasilitas antrean online tanpa harus datang lebih awal ke rumah sakit. Dengan tujuan yang sama dengan fitur yang terdapat di aplikasi Mobile JKN, aplikasi yang diberi nama Campernik ini juga bertujuan untuk memudahkan pasien agar dapat mengetahui kapan mereka harus hadir di rumah sakit.

Kepala Unit Sistem Informasi Manajemen (SIM) RSUD Cicalengka Rizki Bachtiar menjelaskan aplikasi Campernik merupakan inovasi yang dikembangkan untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga, kata dia, masyarakat dapat melihat secara real time (langsung) untuk nomor antrean pasien dan jumlah pasien yang sedang ditangani dokter hanya melalui gawainya. Aplikasi ini, lanjunya, sudah dapat diakses oleh masyarakat dan dapat diunduh melalui ponsel pintar berbasis android di play store-nya.

“Selama ini kalau daftar secara manual itu banyak waktu calon pasien yang terbuang. Campernik ini yaitu Cara Pendaftaran Pasien berbasis NIK (nomor induk kependudukan). Semua warga negara pasti memiliki NIK. Artinya, data-data yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung bisa diadopsi sesuai dengan kebutuhan rumah sakit. Aplikasi seperti ini baru pertama kali di Kabupaten Bandung bahkan di nasional,” ujarnya pada Kamis (09/01).

Dengan adanya aplikasi Campernik tentunya dapat memberikan manfaat bagi peserta JKN-KIS pula, sekitar 85% pasien yang berkunjung ke RSUD Cicalengka merupakan peserta JKN-KIS. Ditemui pada saat sedang menunggu antrian, Dedi Sopandi (34) warga Kecamatan Cikancung mengaku dirinya datang ke RSUD Cicalengka jadi lebih santai karena dari seminggu sebelumnya ia sudah daftar antrian online melalui aplikasi Campernik.

“Seminggu kemarin saya sudah daftar antrian online pakai Campernik di rumah, saya dapat urutan nomor 8, jadi pas datang ke RS jadi lebih tenang, apalagi bisa melihat real time nomor antrian pas pada hari H-nya, jadi saya bisa ke warung dulu, setelah nomor antrian nomor 6 baru saya balik lagi ke RS, jadinya tidak terlalu lama menunggu,” ucap Dedi. (BS/ir)

File :