Dukung Paperless, Klinik Dokter Deden Rahmat Ermawardi Terapkan Antrean Online

Penulis : Humas Dibaca : 279 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 17 Mar 2020 10:36:04

 

Sukabumi, Jamkesnews - Untuk memastikan pelaksanaan sistem inovasi ini tidak ada kendala, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi melakukan kunjungan langsung ke Klinik Dokter Deden Rahmat Ermawardi wilayah Kabupaten Sukabumi, Senin (09/03). Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama ini telah mengintegrasikan layanan antrean onlinenya dengan Aplikasi Mobile JKN untuk memudahkan peserta JKN-KIS berobat.

 

Implementasi inovasi digital yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan bertujuan memberikan kemudahan dan kepastian kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam memperoleh layanan di fasilitas kesehatan (faskes) sesuai  dengan kompetensi, jarak, dan kapasitas faskes rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

 

Pimpinan Klinik Dokter Deden Rahmat Ermawardi mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi sebagai mitra FKTP sejak tahun 2015. Dirinya tentu menyambut baik inovasi pelayanan dengan menggunakan antrean online, karena sangat membantu tidak hanya bagi peserta JKN-KIS yang berobat juga bagi staf klinik dalam melayani. Dalam hal administrasi, antrean online tersebut membantu mengurai antrean pasien dan mengurangi penumpukan pasien di ruang tunggu klinik.

 

“Waktu pelayanan administrasi dapat lebih cepat karena pasien yang berobat cukup menunjukkan bukti daftar mereka via aplikasi Mobile JKN berupa nomor antrian yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Pcare, dan seterusnya pasien tersebut tinggal menunggu pelayanan sesuai nomor antreannya tersebut,” ujar Deden.

 

Bagi pasien dan keluarga pasien peserta JKN-KIS yang belum memanfaatkan aplikasi Mobile JKN, Deden beserta stafnya tidak segan untuk memberikan informasi serta memandu sampai mereka dapat memanfaatkannya, tidak hanya untuk  mendaftar berobat juga untuk mendapatkan informasi terkini seputar JKN-KIS.

 

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Dwi Ayu Larasati tak luput mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Klinik Dokter Deden Rahmat Ermawardi yang telah mengintegrasikan layanan antrean onlinenya ke dalam aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, dengan menggunakan antrean online ini, seluruh faskes akan sangat dipermudah dan dapat memberikan dampak positif bagi antrean yang terdapat di faskes agar tidak terjadi penumpukan.

 

“Antren online ini membantu klinik untuk lebih meningkatkan pelayanan tidak hanya mempersingkat waktu tunggu pasien, juga memberikan kemudahan, kenyamanan serta kepastian pelayanan tanpa mengkhawatirkan soal antrean. Bukan hanya itu, dengan menggunakan antrean elektronik ini juga mendukung prinsip go green karena sudah tidak menggunakan kertas lagi,” ungkap Dwi. (BS/ne).


File :