BPJS Kesehatan Merauke Berlakukan Social Distancing, Peserta Tidak Merasa Dibatasi

Penulis : Humas Dibaca : 667 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 22 Mar 2020 10:21:00

Merauke, Jamkesnews – Semenjak mulai merebaknya virus corona di Indonesia, BPJS Kesehatan Cabang Merauke mulai menerapkan protokol pencegahan virus corona dengan menerapkan protokol penanganan virus corona di ruang kerja dan area publik BPJS Kesehatan, seperti pengukuran suhu badan pegawai dan pengunjung, penyediaan hand sanitizer, masker, pengaturan posisi kursi hadap peserta sekurang-kurangnya satu meter. Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga menerapkan social distancing di area layanan seperti pengaturan jarak antar peserta dan ruang tunggu sekurang-kurangnya satu meter dan melakukan disinfeksi setiap hari di area kantor BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke Erfan Chandra Nugraha menekankan bahwa sebagai badan pelayanan publik yang melakukan interaksi langsung dengan masyarakat tentu pegawai khususnya frontliner rentan terpapar sehingga pihaknya diharuskan untuk melaksanakan protokol tersebut sebagai bentuk pencegahan dan melindungi pegawai serta masyarakat lainnya.

"Penerapan social distancing ini sebagai bentuk upaya pencegahan agar ada jarak dan tidak kontak langsung dengan peserta JKN-KIS. Pelaksanaan kebijakan tersebut tentu tidak untuk membatasi layanan peserta namun lebih kepada melindungi diri kita dan masyarakat lebih luas lagi untuk bersama menghentikan penyebaran wabah ini," tegasnya, Kamis (19/03).

Salah satu peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Bonefasius Baitbeng, yang ditemui tim Jamkesnews saat datang ke Kantor BPJS Kesehatan, mengungkapkan peraturan ini sangat bagus  dalam mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dimana sekarang ini sedang maraknya penyebaran virus corona. Menurut Bonefasius, dirinya merasa tidak terganggu dengan pembatasan pelayanan yang dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan.

“Pengecekan tes suhu tubuh  dan pemberian anti septik (hand sanitizer) sangat diperlukan. Sudah baik apa yang dilakukan BPJS Kesehatan, kalau untuk kebaikan bersama tidak apa-apa,” ungkapnya.

BPJS Kesehatan Cabang Merauke juga memberikan informasi pencegahan (preventif) virus corona dengan memasang brosur informasi yang dapat dilihat di depan area kantor. (TR/th)


File :