Saat Social Distancing, Ada Chika yang Siap Bantu Urusan JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 17300 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 26 Mar 2020 10:10:00

Sorong, Jamkesnews – Layanan Chika dari BPJS Kesehatan merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence. Dengan memanfatkan media sosial seperti Whatshapp, Telegram dan Massenger Facebook, kini peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat mengajukan informasi dan pengaduan terkait JKN-KIS melalui telepon pintar tanpa harus meninggalkan rumah.

Chika sendiri merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem. Melalui Chika ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat melalui media sosial Whatsapp (08118750400), Facebook (BPJSKesehatanRI) maupun Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot).

Fitri (24), seorang peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), menyatakan manfaat dari layanan Chika ini sangat membantu peserta JKN-KIS dalam kehidupan sehari-hari terlebih di saat penerapan social distancing akibat pencegahan penyebaran virus corona.

“Karena ada imbauan social distancing ini, jadi masyarakat memang sebaiknya tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak. Tapi keperluan tentang BPJS Kesehatan juga sama pentingnya. Saya sempat bingung harus bagaimana mengurusnya, lalu saya diinfokan ada banyak layanan yang bisa diakses tanpa harus ke Kantor Cabang seperti Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan layanan Chika ini," ceritanya.

Ketika mendengar inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan berupa layanan Chika, Fitri pun tak menunggu lama untuk menggunakan layanan tersebut untuk menjawab kebutuhannya terkait JKN-KIS. Menurutnya layanan Chika ini sama bermanfaatnya seperti layanan lainnya dari BPJS Kesehatan yang berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada pesertanya.

“Kebetulan saya terdaftar di segmen PPU karena bekerja dan orang tua saya Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa disebut peserta mandiri. Lalu ada layanan Chika ini bisa untuk cek tagihan dan status kepesertaan dan sebagainya jadi menurut saya melengkapi kemudahan dari inovasi BPJS Kesehatan. Respon botnya juga sangat cepat dan tepat,” ungkapnya.


File :