BPJS Kesehatan Mamuju Jelaskan Ketetuan Klaim Covid-19

Penulis : Humas Dibaca : 616 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 11 May 2020 06:36:27

Mamuju, Jamkesnews - Untuk menanggulangi wabah akibat virus corona yang telah mewabah di Indonesia, pemerintah telah menetapkan pembiayaan pelayanan kesehatan akibat virus Covid-19. BPJS Kesehatan pun mendapatkan penugasan khusus untuk melakukan verifikasi klaim COVID-19.

BPJS Kesehatan Cabang Mamuju melaksanakan pertemuan guna membahas petunjuk teknis penjaminan dan pengklaiman kasus Covid-19 bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, dan Dinas Kesehatan Kabupaten, serta dihadiri juga oleh Manajemen Fasilitas Kesehatan Rujukan Tindak Lanjutan (FKRTL) se-Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Mamuju secara online melalui Video Conference, Senin (04/05).

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Mamuju Jumakil mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan ini karena dapat menjadi panduan bagi FKRTL dalam mekanisme pelayanan hingga teknis pengajuan klaim pelayanan Covid-19 nantinya. 

“Dengan tugas yang diberikan kepada BPJS Kesehatan ini merupakan suatu kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah sebagai tanda bahwa BPJS Kesehatan dalam melaksanakan verifikasi klaim dianggap transparan dan akuntanbel. Pengalaman yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan sudah sangat mempuni sehingga sangat cocok untuk memverifikasi klaim Covid-19," kata Jumakil.

Ia juga berharap BPJS Kesehatan mampu memverifikasi klaim pasien Covid-19 sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu dengan batas tujuh hari sudah selesai terverifikasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Mamuju Kiki Kusumawati, mengaku lega dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini. Ia pun berharap bahwa FKRTL telah mengetahui dan memahami terkait poin-poin apa saja yang wajib dipenuhi oleh FKRTL dalam mekanisme pengajuan verifikasi klaim pelayanan Covid-19.

“Semoga setelah kegiatan ini, rumah sakit-rumah sakit yang menangani pasien Covid-19, nantinya dalam mengajukan verifikasi klaim ke BPJS Kesehatan telah melampirkan berkasnya dengan lengkap dan tidak mengalami kendala apapun sehingga proses verifikasi yang kami lakukan dapat terselesaikan sesuai dengan ketentuan yang ada," katanya.


File :