Akbar Apresiasi Prinsip Gotong Royong Program JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 164 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 27 Jun 2020 08:21:00

Cibinong, Jamkesnews – Atasi masalah Kesehatan, kini tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan biaya terjangkau. BPJS Kesehatan bersama Pemerintah melalui progam Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan salah satu jawaban bagi masyarakat di bidang kesehatan untuk mendapatkan pelayanan dengan biaya terjangkau.

Semenjak Program JKN-KIS ini diberlakukan, banyak masyarakat telah mengapresiasi program tersebut. Salah satunya adalah Akbar (25), bekerja sebagai karyawan swasta yang bertempat tinggal di Gn. Putri Utara. Ia telah di daftarkan oleh Perusahaan tempatnya bekerja. Saat ini ia datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong untuk mengurus pengaktifan kembali kartunya yang sudah satu tahun tidak aktif dan menjadi peserta mandiri.

“Saya sangat mengapresiasi Program JKN-KIS, adanya program ini dapat membantu banyak masyarakat yang keuangannya sangat terbatas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Saya sadar disaat wabah pandemik ini, Jaminan Kesehatan sangatlah penting untuk dimiliki terutama JKN-KIS yang merupakan Program langsung dari Pemerintah bersama BPJS Kesehatan. Saya juga setuju dengan slogan Program JKN-KIS dengan gotong royong semua tertolong,” ujar Akbar, Jumat (26/06).

Arti gotong royong menurut Akbar adalah taat dalam membayar iuran walaupun peserta JKN-KIS tersebut tidak sakit dan tetap membayar iuran tiap bulannya, tetapi hal itu dapat membantu peserta lainnya yang sedang sakit, sehingga hasil pembayaran iuran tersebut dapat membantu peserta yang lainnya yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Keuntungan yang saya rasakan sekali adalah biaya pelayanan kesehatan yang terjangkau. Seperti yang dialami oleh orang tua saya yang memiliki penyakit katarak, waktu itu orang tua saya operasi katarak tetapi biaya yang ditimbulkan hampir tidak mengeluarkan uang karena di bayarkan oleh BPJS Kesehatan,” tambah Akbar.

Sebelum mengakhiri wawancara, Akbar juga menilai protokol Covid-19 pada pelayanan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong sangat baik dari mulai antrian sampai ke loket dan pengecekan suhu badan beserta hand sanitizer disediakan. Kebetulan akbar aktif di media sosial dan sering mengamati perkembangan-perkembangan BPJS Kesehatan, ia berharap kedepannya BPJS Kesehatan dapat lebih baik lagi dan bisa mencangkup ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia karena masih banyak yang belum merasakan manfaat dan keuntungannya menjadi peserta JKN-KIS. (TA)


File :