Sutisna Apresiasi Program JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 286 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 12 Jul 2020 08:14:00

Cikarang, Jamkesnews – Di tengah kesulitan ekonomi dari adanya dampak pandemic Covid-19. Sutisna (42) yang merupakan salah satu peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan apresiasinya kepada program jaminan kesehatan ini. Ia mengatakan dirinya sangat terbantu lantaran biaya persalinan anak keduanya dapat dibiayai sepenuhnya oleh Program JKN-KIS.

“Saya berikan jempol untuk Program JKN-KIS. Bagi saya program ini adalah program yang sangat bermanfaat terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19 yang serba susah ini. Banyak sektor ekonomi yang mengalami kesulitan termasuk saya sebagai pekerja yang terkadang saja mendapatkan penghasilan yang tidak menentu. Saya bersyukur sekali dibantu Pemerintah dengan adanya kartu JKN-KIS untuk biaya lahiran istri saya,” ujar Sutisma. Kamis (09/07).

Sutisna yang kesehariannya bekerja sebagai pedagang ini menceritakan pengalamannya saat mendapatkan pelayanan kepada tim Jamkesnews. Ia sangat kagum, lantaran apa yang ia dengar selama ini berbanding terbalik dengan yang ia rasakan sendiri ketika beroat.

“Sudah kedua kalinya istri saya menggunakan kartu JKN-KIS untuk melahirkan. Awalnya istri saya kontrol ke Puskesmas. Kemudian diagnosa lanjutan membuat istri saya diberikan rujukan ke Rumah Sakit Cibitung Medika untuk melahirkan. Saya sangat kagum karena sudah dua kalinya mendapatkan bantuan untuk lahiran anak saya dan saya merasa tidak ada perubahan. Pelayanannya tetap masih bagus dan tidak mendiskriminasi. Berbanding terbalik tuh dengan apa yang saya dengar berita miring selama ini,” ujarnya.

Tidak ingin masyarakat lain terbebani dengan besarnya biaya pengobatan, Sutisna pun mengajak agar masyarakat yang belum mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS agar segera mendaftarkan dirinya beserta keluarga.

“Saya sudah banyak sekali merasakan manfaat dari Program JKN-KIS, selain untuk membantu meringankan biaya berobat, program ini juga sebagai proteksi diri kita dan keluarga sewaktu kalo kita sakit. Apalagi saat ini sudah mulai diberlakukan era new normal. Pastinya penting sekali untuk memiliki jaminan kesehatan buat kita dan keluarga terutama yang memiliki anak kecil. Buat yang belum bergabung, yuk segera bergabung aja. Gak ada ruginya kok malah banyak manfaatnya,” tutupnya .(HK/rr).


File :