Krisnawati : JKN-KIS, Penolong Masyarakat Kecil

Penulis : Humas Dibaca : 331 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 07 Sep 2020 09:09:01

Palu, Jamkesnews -  Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS ) memberikan banyak manfaat untuk semua warga Negara Indonesia terlebih lagi bagi masyarakat kecil. Krisnawati (25) yang sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga ini sangat bersyukur dengan adanya program Jaminan Kesehatan Nasional ini.

Sebagai seorang ibu rumah tangga Krisnawati mengaku sangat membutuhkan jaminan kesehatan untuk menjaga dirinya dan keluarga jika sewaktu – waktu sakit. Saat ini dirinya terdaftar sebagai salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN –KIS) pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah.

Krisnawati pun menceritakan pengalaman dirinya saat menggunakan Kartu Indonesia Sehat pada saat dirinya melahirkan.

”Saya mengikuti anjuran dokter sebelum melahirkan, sampai pada saat melahirkan pun saya merasa sangat dipermudah dan sama sekali tidak dipersulit. Pelayanan pun sangat baik serta fasilitas kesehatan yang sangat memadai, walaupun hanya terdaftar sebagai peserta penerima bantuan iuran saya merasakan pelayanan yang diberikan sama seperti peserta dari kelas lainnya," kata Krisnawati.

“Tenaga medis difasilitas kesehatan tempat saya bersalin pun cukup baik, proses administrasi tidak dipersulit sama sekali, salut dan bangga saya dengan tenaga medisnya,” tambahnya..

Ia pun menambahkan pengalamannya dalam menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bukan hanya saat dirinya melahirkan saja, tetapi pada saat dirinya juga berobat waktu sakit ringan seperti batuk dan demam. Bukan hanya itu juga ketika anak – anaknya juga berobat ketika sakit, ia merasa sangat tertolong. Dia pun merasakan dilayani dengan baik waktu dia berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) serta tidak kesusahan juga dalam pengurusan saat sakit.

“Jadi waktu itu saya sakit, beberapa kali juga anak saya sakit dan pergi berobat di Puskesmas terdekat, selama berobat di puskesmas saya merasa tidak kesusahan dalam kepengurusan administrasi jadi sebagai peserta tidak dibuat bolak – balik dari puskesmasnya tetapi dipermudah," cerita dia.

Krisnawati pun mengungkapkan jika bisa program jaminan kesehatan ini seterusnya tetap ada, karena sangat membantu bagi dirinya yang tergolong masyarakat kecil.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dengan adanya program jaminan kesehatan ini, dan kalau bisa program ini diperpanjang terus, saya juga sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah membuat program jaminan kesehatan ini,” ujar Krisnawati.


File :