Jomilera: JKN-KIS Sangat Bermakna bagi Warga Kabupaten Puncak Jaya

Penulis : Humas Dibaca : 173 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 12 Sep 2020 05:26:00

Puncak Jaya, Jamkesnews - Program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan bukti nyata bahwa hadirnya negara dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan adanya kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Kepesertaan itu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya yang benar-benar kurang mampu apalagi yang berada di pedalaman dan pegunungan di wilayah timur Papua, seperti peserta JKN-KIS segmen PBI APBD Jomilera Wonda (35).

Jomilera yang tinggal di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya, setelah suaminya yang selama ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mulia terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit di Jayapura untuk perawatan lebih lanjut karena penyakit lambung yang dideritanya.

“Mulanya saya bingung bagaimana dengan biaya pengobatannya di kota nantinya sedangkan saya tidak punya biaya. Namun, sejak diarahkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya, Ahmad Dalim Jayamada, bahwa untuk pengurusan BPJS Kesehatan yang di biayai oleh pemerintah daerah bagi masyarakat yang tidak mampu serta mendapatkan penjelasan mengenai alur pelayanan, kami sangat merasa terbantu,” jelas Jomilera, Jumat (11/09).

Kemudahan layanan kesehatan tak pandang berapa biaya yang akan dihabiskan selama perawatan, semua di tanggung oleh Program JKN-KIS selama mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. Ia berharap program mulia ini dapat terus berlangsung sehingga tetap memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kurang mampu.

 “Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya yang telah menjaminkan kesehatan warga dengan memberikan kartu JKN-KIS ini secara gratis. Mudah-mudahan program ini terus berlanjut dan dapat memberikan manfaat kepada seluruh warga yang berada di Mulia Kabupaten Puncak Jaya,” kara Jomilera.

Dengan menjadi peserta JKN-KIS segmen PBI, masyarakat yang tidak mampu memperoleh pelayanan kesehatan tanpa membayar iuran bulanan. Karena iuran JKN-KIS sudah ditanggung pemerintah. Baik itu pemerintah pusat (PBI APBN) maupun pemerintah daerah (PBI APBD). (TR/jr)


File :