Tak Hanya sebagai Pengguna, Meita Juga Ajarkan Mobile JKN pada Tetangga

Penulis : Humas Dibaca : 737 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 18 Nov 2020 08:02:08

Samarinda, Jamkesnews – Layanan administrasi BPJS Kesehatan kini semakin mudah diakses oleh peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Di masa pandemi seperti saat ini BPJS Kesehatan lebih mengutamakan layanan non tatap muka melalui berbagai layanan.

Meita Taury (36) salah satu peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) mengatakan ia lebih memilih layanan menggunakan aplikasi Mobile JKN karena lebih praktis dengan pilihan menu yang lengkap.

“Saya sudah lama menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk kebutuhan layanan administrasi BPJS Kesehatan karena bisa diakses secera online kapanpun dibutuhkan, selain itu juga pilihan menunya sekarang sangat lengkap”, ujar Meita.

Menurutnya ia lebih sering menggunakan fiture kartu digital dan untuk mengecek status kepesertaan apakah aktif atau non aktif pada aplikasi Mobile JKN.

“Paling sering saya pakai aplikasi Mobile JKN pada menu kartu digital dan untuk ngecek status kepesertaan apakah aktif atau tidak.  Status kepesertaan ini sangat penting karena dasar untuk memperoleh layanan adalah status kepesertaan yang aktif, nah kalau tidak aktif bisa dipastikan kartu BPJSnya nggak bisa dipakai untuk berobat,” terangnya.

Pengalaman kemudahan selama menggunakan aplikasi Mobile JKN rupanya tak ia simpan sendiri, Meita juga mengajarkan cara penggunaan aplikasi Mobile JKN kepada tetangga-tetangganya yang memerlukan layanan administrasi BPJS Kesehatan.

“Pengalaman baik saya menggunakan aplikasi Mobile JKN tidak saya simpan sendiri, saya ceritakan juga ke tetangga-tetangga, kebetulan sekitar sebulan yang lalu ada salah seorang tetangga saya yang mau daftar jadi peserta BPJS, karena masa pandemi pendaftaran BPJS dialihkan ke layanan online, dari sini saya coba bantu mulai dari cara download aplikasi, pengisian data kartu keluarga, KTP, nomor HP dan lain-lain dan alhamdulillah berhasil kartunya juga sudah dikirim sama BPJS,” jelasnya melalui whatsapp.

Lebih lanjut ia berpendapat pendaftaran menggunakan aplikasi Mobile JKN sebenarnya sangat mudah bagi orang-orang yang terbiasa memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

“Pada dasarnya pendaftaran peserta dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN sangat mudah bagi orang yang terbiasa dengan teknologi, karena caranya sama seperti pendaftaran membuat media sosial dan belanja online, ya masukkan email, masukkan nomor handphone, alamat dan lain-lain, jadi untuk yang terbiasa dengan media sosial akan sangat mudah apalagi anak-anak milenial zaman now,” paparnya.

Saat ditanya tetang harapannya pada layanan BPJS Kesehatan, Meita mengharapkan kemudahan layanan yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan dapat dimanfaatkan oleh semua orang sehingga mempermudah peserta dan memepersingkat waktu.

“Dengan adanya layanan-layanan online yang disediakan harapannya sih bisa dimanfaatkan oleh seluruh peserta, karena dengan memanfaatkan layanan seperti Mobile JKN akan memudahkan peserta dalam mengakses layanan dari BPJS Kesehatan, dan dapat dikases kapanpun serta yang tak kalah pentingnya adalah lebih menghemat biaya dan lebih aman karena tak perlu datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan,” tutupnya. (KA/ej)


File :