Berkat JKN-KIS, Pengobatan Kista Tanpa Keluar Biaya

Penulis : Humas Dibaca : 457 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 21 Jan 2021 09:38:48

 

Palu, Jamkesnews – Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membuat Isnawati (43) merasa terbantu. Jelas saja, segala biaya pengobatan kistanya, mulai dari kontrol, pemeriksaan laboratorium hingga operasi semua ditanggung oleh JKN-KIS. Isna pun bersemangat menceritakan kisahnya saat menjalani pengobatan menggunakan kartu JKN-KIS.

 

Pada awal tahun 2020 Isna merasakan nyeri seperti saat haid namun semakin lama rasa sakitnya semakin intens terjadi sehingga dia memeriksakan dirinya ke Puskesmas dekat rumahnya. Namun dia hanya diberi obat saja. Beberapa waktu kemudian, rasa sakit itu masih terus Isna rasakan sehingga dibuatkan rujukan untuk pemeriksaan lanjutan di rumah sakit.

 

Isna yang suaminya berprofesi sebagai pedagang awalnya menolak untuk ke rumah sakit karena khawatir dengan biaya yang akan dikeluarkan. Namun berkat penjelasan petugas Puskesmas bahwa pengobatannya akan ditanggung sepenuhnya oleh JKN-KIS, akhirnya dia setuju untuk di rujuk. Isna berharap sakit perut yang dirasakannya hanya sakit perut biasa.

 

Saat mendengar penjelasan dokter, Isna pun merasa seperti disambar petir. Isna divonis menderita penyakit kista ovarium yang mana harus dilakukan operasi pengangkatan kista agar tidak berkembang lebih besar.

 

“Saya merasa sangat takut, apalagi dengan operasi. Biayanya pun pasti sangat mahal. Saya pun sedikit lebih tenang setelah dokter menyampaikan operasinya akan ditanggung oleh JKN-KIS,” ujarnya saat sedang kontrol di poli onkologi Rumah Sakit Undata Palu.

 

Selama proses penanganan kesehatan tersebut, Isna mengungkapkan bahwa dirinya beruntung menggunakan kartu JKN-KIS. Dia membayangkan apabila tidak menggunakan kartu JKN-KIS, tentu biaya yang dikeluarkan akan sangat besar dan terasa berat bagi dirinya dan keluarga.

 

“Padahal saya hanya terdaftar di kelas 3 dengan iuran Rp. 35.000/jiwa tetapi semua biaya selama pengobatan ditanggung sepenuhnya, luar biasa program JKN-KIS ini,” cerita Isna.

 

Selama perawatan Isna menyampaikan pelayanan yang diberikan di rumah sakit berjalan baik. Dia tidak merasakan adanya perbedaan antara menjadi pasien umum dan pasien JKN-KIS. Isna pun puas dengan penjelasan yang diberikan oleh dokter. (tm/nh)


 


File :