Emnita Warni Sukses Operasi Lambung dengan JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 372 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 31 Mar 2021 11:36:00

 

Limapuluh Kota, Jamkesnews - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),  Emnita Warni, seorang ibu yang menjadi tulang punggung keluarga, berusia 58 tahun, warga jorong parit dalam, akhirnya kembali sehat setelah melakukan operasi tukak lambung.

 

"Saya tidak yakin mampu sembuh dari penyakit yang saya derita karena saya orang kurang mampu yang sehari-hari bermata pencarian di sawah, yang tidak akan mampu membayar biaya rumah sakit sebanyak itu, awalnya saya ragu apakah saya terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS. Sehingga saya berpikir apa saya mampu mengumpulkan uang untuk melakukan operasi. Tapi saya tak sabar, sebab saya tidak bisa tidur menahan rasa sakit," ungkap Emnita Warni menuturkan kisahnya, Jumat (19/03).

 

Begitu banyak pendapat dari keluarga dan masyarakat membuat ibu empat orang anak itu khawatir soal pelayanan BPJS Kesehatan.

 

"Ada yang mengatakan jika BPJS Kesehatan pelayanan tidak maksimal, operasi tidak ditanggung. Sesudah mendengar biaya yang harus dikeluarkan sekitaran 7 juta rupiah untuk sekali operasi apabila sebagai pasien umum, akhirnya saya putuskan untuk mencoba memanfaatkan kartu JKN-KIS yang saya miliki, yang saya dapat dari Kantor Wali Nagari, dan Alhamdulillah ternyata masih berlaku," ucap Emnita Warni.

 

Emnita Warni berobat di Puskesmas dan diberi rujukan ke salah satu rumah sakit di Kabupaten Lima Puluh Kota, melakukan pemeriksaan dan persiapan sebelum operasi dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu. Kemudian dilakukan operasi.

 

"Sekarang alhamdulillah saya sudah sudah merasakan enak di lambung saya, pelayanan cukup bagus. Buktinya saya sudah sembuh dan sudah merasakan tidur yang baik. Beruntungnya saya bisa menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan ini, jika tidak, darimana saya akan mendapatkan biaya sebesar itu. saya katakan kepada keluarga saya, jangan takut, semua pelayanan sama tidak dibeda-bedakan," ungkap Emniwati Warni.


File :