Pernah Rawat Inap Tanpa Kendala, Pemuda Sumenep Ini Akui Manfaat JKN - KIS

Penulis : Humas Dibaca : 640 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 31 May 2021 06:46:57
Sumenep, Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan kini telah menjadi andalan bagi seluruh kalangan masyarakat dalam memperoleh akses atas pelayanan kesehatan yang berkualitas. Tak hanya masyarakat dengan kategori usia lanjut, kalangan milenial pun semakin menyadari pentingnya memiliki kepesertaan JKN – KIS sebagai perlindungan utama atas resiko penyakit yang bisa datang sewaktu – waktu.

Itulah yang dirasakan oleh Kiki Aditya (19). Saat ditemui pada Senin (24/05), Pemuda asal Batuan Sumenep, Jawa Timur itu mengaku adanya JKN – KIS membuatnya tak mengalami kendala saat menderita penyakit lambung yang mengharuskannya menjalani rawat inap di salah satu Rumah Sakit di Kabupaten Sumenep.

“Waktu itu saya malam – malam kerasa perut saya sakit sekali, sudah minum obat tapi tetap sakit, rasanya seperti perih terus mual. Akhirnya oleh keluarga saya diantar ke Rumah Sakit,” jelasnya.

Ketika di Fasilitas Kesehatan, dirinya didiagnosa menderita penyakit lambung dan diharuskan untuk menjalani rawat inap. Beruntung bagi Kiki, karena keluarganya telah terdaftar sebagai Peserta Jaminan Kesehatan Nasional sehingga tidak terkendala dengan biaya ketika harus menjalani rawat inap.

“Pas diperiksa sama dokter, katanya disuruh ngamar (rawat inap) saja, ya sudah saya manut apa kata dokter, biar cepet sembuh karena waktu itu rasanya perutnya sudah sakit sekali. Alhamdulillaah waktu itu sudah tidak perlu membayar lagi karena sudah jadi pasien BPJS (Peserta JKN – KIS – red),” imbuhnya.

Kiki merasa, JKN – KIS merupakan hal yang sangat penting termasuk bagi masyarakat yang masih merasa dalam usia muda dan jauh dari resiko penyakit tertentu. Karena tidak ada satu orang pun yang dapat mengetahui kapan dirinya sakit.

“Kalau dibilang siapapun itu bisa sakit mau dia masih muda atau sudah tua. Jadi punya BPJS (JKN-KIS) ini penting meskipun kita masih muda, biar sewaktu – waktu umpamanya sakit kita bisa berobat tanpa perlu bayar lagi. Kalau nggak punya BPJS nanti bikin repot orang tua harus cari biaya lagi untuk membayar Rumah Sakit nya,” pungkasnya (ar/tw)

File :