Rawat Inap 5 hari Tanpa Biaya Dengan JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 567 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 01 Jun 2021 00:00:00

Karawang, Jamkesnews – Puas, itulah satu kata yang dapat diberikan oleh Putri (27) terhadap pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Diakui wanita yang akrab disapa Puput ini, dirinya sangat puas baik terhadap pelayanan mulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun lanjutan hingga pelayanan pada Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang.

“Saya punya pengalaman harus dirawat inap di rumah sakit selama 5 hari karena sakit tipes. Alhamdulillah seluruh pelayanan yang saya dapatkan secara garis besar sangat baik. Saya merasa sangat beruntung telah bergabung menjadi peserta JKN-KIS. Ketika saya hendak mencari informasi ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang juga petugasnya sangat cepat tanggap dalam memberikan informasi,” ungkap Puput pada Senin (31/05).

Lebih lanjut, Puput menjelaskan bahwa dirinya juga tidak pernah membayar biaya tambahan apapun setiap kali menggunakan Kartu JKN-KIS. Menurutnya peserta JKN-KIS hanya perlu rutin membayar iuran JKN-KIS dengan patuh setiap bulannya.

“Membayar rutin iuran JKN-KIS itu kan kewajiban kita, saya rasa tidak sebanding iuran yang kita bayarkan dengan besarnya pengeluaran biaya pengobatan ketika kita sakit. Saya sudah merasakan langsung dan saya merasa sangat terbantu sekali. Jika saya harus membayar biaya rawat inap selama 5 hari pastinya cukup berat, tapi ketika saya rutin membayar iuran tiap bulan tidak terlalu berat ya. Dan sudah terbukti ketika saya sakit, saya segera mendapatkan pelayanan hanya dengan menunjukkan Kartu JKN-KIS,” tambah Puput.

Puput yang kini sudah tidak bekerja lagi pun segera mengubah status kepesertaannya. Hal ini dilakukannya agar kartunya tetap aktif dan dapat segera digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Di masa-masa pandemi seperti sekarang ini, seperti kita ketahui bersama sakit penyakit datang kapan saja. Kita wajib memiliki jaminan kesehatan yang pasti. Bagi saya jaminan kesehatan yang pasti yaitu Program JKN-KIS. Oleh karenanya jika ada administrasi yang perlu dilakukan seperti pengalihan status kepesertaan ini, saya segera bergegas ke Kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pengurusan. Karena bagi saya Kartu JKN-KIS ini sangat penting,” lanjut Puput.

Puput berharap Program JKN-KIS dapat berjalan dengan lebih baik lagi dan terus memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS. Dengan demikian, setiap orang dapat menikmati pelayanan program JKN-KIS dengan nyaman. (BS/vk)


File :