Antrean Online Mudahkan Shalsa Dapatkan Layanan Kesehatan

Penulis : Humas Dibaca : 427 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 16 Jun 2021 13:36:11

Madiun, Jamkesnews – Sistem antrean online kini sudah semakin dijalankan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Shalsabilla Yustika adalah salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah memanfaatkan sistem antrean online ketika berkunjung ke FKTP dan FKRTL.

“Kebetulan kemarin mau periksa ke poli mata, kan harus ke klinik dulu. Nah, sebelum datang ke klinik saya sudah mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN. Nanti bukti pendaftarannya berupa nomor antrean tinggal ditunjukkan saja ke kliniknya,” kata Shalsa.

Shalsa mengatakan bahwa petugas dari klinik secara baik dan sabar menjelaskan secara rinci alur layanan menggunakan sistem antrean online. Tak hanya Shalsa, pasien lain yang berkunjung ke klinik juga mendapatkan informasi dan edukasi terkait hal tersebut. Sehingga jika pasien kembali akan melakukan kunjungan untuk berobat, bisa langsung melalui aplikasi Mobile JKN.

“Kebetulan rujukan saya ke poli mata RSU Aisyiyah, dan langsung dibantu oleh petugas di klinik untuk mendaftarkannya melalui sistem antrean online. Sampai di rumah sakit, saya tidak perlu mendaftar lagi dan cukup datang waktu sudah mendekati nomor antrean yang saya dapatkan,” jelas wanita yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Ponorogo.

Sistem antrean online yang terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN memang dirancang untuk memudahkan peserta JKN-KIS ketika akan mendapatkan pelayanan kesehatan. Tak hanya itu, sistem antrean online melalui Aplikasi Pendaftaran Online dan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) tersebut merupakan hasil inovasi dari RSU Aisyiyah dalam rangka menekan tingginya angka kunjungan di rumah sakit tersebut.

Di akhir perbincangan, Shalsa berharap agar inovasi-inovasi seperti ini akan selalu ada dan terus berkembang seiring berkembangnya jaman. Sehingga hal tersebut akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan, baik di FKTP maupun di FKRTL.

“Dengan begitu masyarakat akan merasa mudah dan nyaman berobat kapanpun, karena tidak akan merasakan lagi antrean panjang baik di klinik, puskesmas, maupun rumah sakit,” tutup Shalsa.(ar/tk)


File :