Syaifullah: Kami Pastikan Pekerja Tetap Terjamin JKN-KIS Selama Pandemi

Penulis : Humas Dibaca : 416 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 12 Sep 2021 05:18:00

Sorong, Jamkesnews – Pandemi Covid-19 menjadikan tidak sedikit perusahaan atau badan usaha sampai harus merumahkan pekerjanya dengan atau tanpa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal tersebut berdampak pada pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terpaksa ditunda dan bahkan dihentikan.

Di sisi lain, banyak pula badan usaha yang masih bertahan dan tetap patuh dalam membayar iuran JKN-KIS pekerjanya karena memahami pentingnya jaminan kesehatan bagi pekerjanya. Salah satunya Supervisor Hotel Klabra Indah Sorong, Syaifullah yang menyatakan bahwa sampai sekarang pihaknya selalu patuh dalam memastikan keaktifan kartu JKN-KIS pekerjanya.

“Alhamdulillah, kami selalu patuh membayar membayar iuran JKN-KIS. Hal tersebut sangat berarti untuk teman-teman pekerja dan keluarga, jika sakit bisa dimanfaatkan langsung tanpa harus memikirkan biaya,” ujar Syaifullah ditemui Jamkesnews, Selasa (07/09).

Ia menambahkan, tempatnya bekerja memahami regulasi yang ada terkait jaminan kesehatan bahwa badan usaha wajib membayar iuran JKN-KIS tepat waktu sebelum tanggal 10 setiap bulan, berkewajiban menyampaikan data pekerja beserta keluarganya, serta melaporkan jika ada perubahan data pekerja baik yang keluar maupun masuk.

“Itu kan hak pekerja, memiliki jaminan kesehatan dari tempat kerjanya. Insya Allah selama saya bekerja di sini, saya selalu memastikan pembayaran iuran JKN-KIS pekerja kami tidak terlewat, kami sangat tahu pentingnya jaminan kesehatan untuk para pekerja,” tambahnya.

Syaifullah menyampaikan dengan patuh membayar iuran JKN-KIS setiap bulan, para pekerja dapat berobat dan tidak perlu memikirkan biaya pengobatan karena telah dijamin oleh BPJS Kesehatan sepanjang sesuai prosedur. Ia pun berharap Program JKN-KIS ini akan selalu ada kedepannya memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

“Beberapa kali karyawan beserta keluarganya turut merasakan manfaat berobat menggunakan JKN-KIS tanpa hambatan, mereka tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Perusahaan turut senang jika kesejahteraan karyawan bisa dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya. (TR/ws)


File :