Mobile JKN, Solusi Mengurus Administrasi Layanan Kesehatan dari Tempat kerja

Penulis : Humas Dibaca : 826 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 17 Oct 2021 00:00:00

 

Mamuju, Jamkesnews - Kemajuan teknologi saat ini merupakan suatu kemudahan yang memfasilitasi kegiatan sehari-sehari terutama untuk generasi muda saat ini. Tak terkecuali dari BPJS Kesehatan, seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), dapat mengakses layanan kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Dengan Mobile JKN, peserta bisa melakukan Skrining Mandiri Covid-19, memperbaiki data peserta, pindah fasilitas kesehatan (faskes), bahkan berkonsultasi dengan dokter.

 

Hal tersebut diakui salah satu Pegawai Apotek dan Klinik Kimia Farma Mamuju, Mala (25) yang telah merasakan manfaat dan kemudahan mengakses Program JKN-KIS menggunakan Mobile JKN selama pandemi Covid-19. Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM kemarin, layanan digital memang sangat penting. Ia mengaku mudah sekali untuk mengakses informasi yang ada di Mobile JKN.

 

"Jadi selama pandemi Covid-19, soal informasi Program JKN-KIS saya tidak menemui kendala yang berarti. Layanan tetap saya dapatkan melalui aplikasi Mobile JKN walaupun sebelumnya pun saya sudah memakai Mobile JKN. Rasanya ini seperti memberikan benefit tambahan bagi saya," ungkapnya, Senin (11/10).

 

Mala mengatakan pernah menjalani rawat inap di rumah sakit dan aplikasi Mobile JKN ini ia gunakan untuk mengecek ketersediaan kamar di rumah sakit. Ia juga mengakui sama sekali tidak mengeluarkan biaya ketika mengakses pelayanan menggunakan kartu JKN-KIS tersebut.

 

"Sekarang saya bisa melakukan cek ketersediaan kamar tidur di rumah sakit dengan menggunakan aplikasi ini. Dahulu sebelum saya menjadi karyawan di sini, aplikasi Mobile JKN ini bisa juga digunakan untuk melakukan cek tagihan iuran peserta JKN-KIS segmen mandiri," ucapnya.

 

Dia berharap, inovasi Program JKN-KIS terus dapat ditingkatkan terutama yang berbasis teknologi untuk memberikan jaminan kesehatan yang lebih mudah dan lebih baik bagi seluruh masyarakat.

 

"Semua pelayanan kesehatan asalkan dilaksanakan sesuai prosedur tidak akan menemui kendala. Itulah salah satu manfaat saya dapat informasi Program JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN ini," kata Mala. (af)


File :