Fauzia Percayakan Jaminan Kesehatannya Kepada JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 349 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 24 Oct 2021 00:00:00

 

Jakarta Barat, Jamkesnews – Menjaga kesehatan sejak usia muda sudah tidak lagi menjadi suatu hal yang tabu bagi sebagian besar orang. Pasalnya berbagai penyakit yang ada dalam tubuh umumnya dimunculkan atas dasar pola hidup yang tak sehat. Sehingga tak jarang kebanyakan orang sekarang mulai mencari-cari pola hidup sehat untuk bisa tetap bugar hingga usia lanjut.

 

Fauzia Okta Ramadani (15) salah satunya, salah seorang remaja peserta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang tinggal di kawasan Cengkareng ini selalu berusaha untuk bugar dalam beraktivitas sehari-hari. Selama menjadi peserta JKN-KIS, ia memang belum pernah mendapatkan manfaatnya secara langsung karena sejauh ini ia masih berada pada kondisi yang sehat.

 

“Saya pribadi belum pernah menggunakan JKN-KIS untuk berobat. Alhamdulillah saat ini saya masih dalam keadaan yang sehat wal’afiat. Tapi saya tahu betul manfaat Program JKN-KIS ini sebab orang tua dan nenek saya di rumah juga peserta JKN-KIS yang secara rutin menggunakannya untuk berobat,” ungkap Fauzia.

 

Fauzia menyampaikan bahwa dari pengalaman orang tuanya menggunakan JKN-KIS, ia bisa mengetahui prosedur yang harus dilakukan ketika menggunakan JKN-KIS untuk berobat dan ia merasa bahwa alurnya mudah dipahami sehingga jika ia harus berobat ke puskesmas, ia sudah bisa memahami apa yang harus dilakukan.

 

“Sejauh ini orang tua saya mengatakan bahwa pelayanan di fasilitas kesehatan baik. Dokter dan perawatnya juga ramah dan mau memberikan informasi yang dibutuhkan oleh kami. Selain itu informasi JKN-KIS juga sekarang semakin mudah di akses baik melalui aplikasi Mobile JKN atau melalui care center. Meski belum merasakan secara langsung tapi saya merasa lebih aman melakukan aktivitas sehari-hari dengan adanya JKN-KIS. Alhamdulillah sampai saat ini saya sehat, tapi saya tidak ragu menggantungkan permasalahan kesehatan saya dengan JKN-KIS. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Tentu harus lebih berjaga-jaga jika sewaktu-waktu membutuhkan,” tutup Fauzia.

 

Fauzia berharap kedepannya Program JKN-KIS terus ada untuk bisa membantu masyarakat Indonesia dalam hal kesehatan. Sehingga tidak ada lagi orang yang ragu atau bingung ketika sakit namun tak memiliki biaya yang cukup untuk perawatan. Hidup menjadi lebih tenang dan nyaman jika kita bisa menjaga kesehatan serta bersiap diri sebelum sakit. (DN/rc)


File :