RS Permata Husada Bantul Kembali Layani Peserta JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 671 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 14 Nov 2021 06:09:00

Yogyakarta, Jamkesnews - RS Permata Husada Bantul kembali dapat melayani peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal ini menyusul telah ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama antara BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta dengan RS Permata Husada Bantul tentang Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan Bagi Peserta Program Jaminan Kesehatan, Senin (01/11).

Direktur RS Permata Husada Bantul, Prabata mengatakan pihaknya telah melakukan revitalisasi dan reorientasi terhadap pelayanan dan manajemen internal. Hal ini dilakukan agar rumah sakit yang dipimpinnya dapat melayani peserta Program Jaminan Kesehatan Nasionbal-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) lagi.

“Alasan tidak bekerja sama di tahun 2020 lebih kepada pembenahan secara internal, bukan karena fraud, sehingga kami lakukan revitalisasi dan reorientasi,” katanya.

Dijelaskan oleh Prabata, upaya revitalisasi yang dimaksud mencakup optimalisasi pengelolaan fasilitas, penguatan kapasitas SDM, pengelolaan kepuasan pasien, peningkatan mutu layanan dan penguatan sistem serta prosedur. Sedangkan yang dimaksud reorientasi adalah penegasan tekad rumah sakit dalam memberikan layanan optimal kepada masyarakat dengan penguatan jejaring pemangku kepentingan dan simpul sosial.

“Kami sudah menambah peralatan tempat tidur, ventilator, lampu operasi serta renovasi gedung. Untuk SDM-nya sudah kami berikan pelatihan dan pengembangan kompetensi,” ujarnya.

Kerja Sama dengan RS Permata Husada Bantul dilaksanakan setelah melalui beberapa tahapan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, salah satunya lolos dalam proses kredensialing. Selain itu, fasilitas kesehatan juga wajib patuh terhadap komitmen layanan yang menjadi bagian tidak terpisahkan dalam Perjanjian Kerja Sama. Hubungan kerja sama kemitraan ini mulai berlaku efektif per tanggal 7 November 2021. Masa transisi digunakan untuk kegiatan sosialisasi dan pematangan sistem informasi untuk meminimalisir keluhan.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Prabowo menyampaikan apresiasinya atas kesanggupan RS Permata Husada Bantul dalam memenuhi komitmen layanan yang telah disepakati. Dia berharap kerja sama yang kembali dijalin ini juga mampu meningkatkan kepuasan Peserta JKN-KIS.

“Kami harap RS Permata Husada benar-benar memegang komitmen. Jangan ada iur biaya dan terus menjaga kualitas layanan terhadap peserta JKN-KIS,” ungkapnya. (sw/dw)


File :