Cukup Bermodal Smartphone, Urusan Administrasi Helda Beres Via PANDAWA

Penulis : Humas Dibaca : 607 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 17 Nov 2021 09:41:44

Hulu Sungai Tengah, Jamkesnews – Menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan sesuatu yang dianggap sangat penting bagi keluarga Helda Yanti (28), karena dengan terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sama saja membentengi diri ketika nanti masalah kesehatan melanda.

Namun, kebingungan sempat menerpa Helda dan keluarga kala kepesertaan JKN-KIS yang sebelumnya terdaftar dari segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) telah non-aktif dari penanggung sebelumnya. “Kami memang langsung terpikir untuk alihkan jadi peserta BPJS Kesehatan yang mandiri, tapi bingung karena belum punya waktu buat ke kantor BPJS Kesehatannya, sama bingung juga syarat-syaratnya apa,” ujar Helda kepada tim jamkesnews.com melalui sambungan telepon pada Senin (15/11).

Beruntung, Helda memperoleh informasi dari rekannya bahwa saat ini BPJS Kesehatan telah mengembangkan layanan digital dan untuk mengurus administrasi kepesertaan bisa dari rumah saja, salah satunya yakni dengan mengakses Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp atau PANDAWA.

“Setelah saya dapat nomor PANDAWA, langsung saya hubungi via WhatsApp. Respon dari petugasnya sangat cepat, jadi saya diarahkan mengisi formulir dan menyampaikan berkas berupa foto beberapa dokumen, alurnya juga jelas jadi mudah bagi saya,” jelasnya.

“Dalam sekejap keperluan saya diproses dan kepesertaan BPJS Kesehatan saya beralih dari yang sebelumnya di perusahaan jadi yang mandiri, yang ajaibnya semua bisa selesai tanpa saya harus keluar rumah sedikitpun, semuanya dari PANDAWA,” sambung Helda.

Bagi Helda, adanya layanan PANDAWA sangat memudahkan dalam mengurus administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Kalau ada layanan yang seperti ini kan jadinya semua ringkas. Saat kita mengurus ini dari rumah, kalau ada berkas yang kurang kita bisa langsung cari dan kita kirim ulang, tapi seandainya mengurusnya langsung ke kantor BPJS Kesehatan, semisal ada berkas yang kurang harus mengambil dulu ke rumah pasti sangat memakan waktu,” tutur ibu satu anak ini.

Menyoal pentingnya memiliki jaminan kesehatan seperti JKN-KIS ini, Helda menuturkan bahwa “kartu hijau” ini telah beberapa kali terbukti mampu menjamin pelayanan kesehatan bagi dirinya maupun keluarganya. Helda mengaku memang beberapa kali Ia menggunakan KIS miliknya untuk berobat ke fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat rujukan.

“Saya juga pernah sampai ke rumah sakit untuk berobat, dan semua terjamin JKN-KIS ini,” ujar Helda.

“Sekali lagi syukur bahwa sekarang ada semacam PANDAWA seperti ini, jadi tidak ada jeda di kepesertaan saya, bisa terus terdaftar aktif dengan sekarang yang membayar sendiri. Semua cukup dengan modal HP dan layanan terbaru dari BPJS Kesehatan ini,” tutup Helda yang mengaku sangat puas dengan layanan dari PANDAWA BPJS Kesehatan. (KA/fs)


File :