Permudah Akses Pelayanan, BPJS Kesehatan Bengkulu Hadirkan Layanan Jemput Bola

Penulis : Humas Dibaca : 237 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 06 Jan 2022 00:00:00

Bengkulu, Jamkesnews - Mengawali tahun 2022, BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu langsung bergerak cepat dalam memberikan layananan Program JKN-KIS ke lapangan guna memastikan seluruh masyarakat di Kota Bengkulu telah paham mengenai Program JKN-KIS. Untuk itu, BPJS Kesehatan menghadirkan layanan Mobile Costumer Service (MCS) di lapangan Puskesmas Muara Lempuing, Bengkulu (05/01).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Ahmad Saibul Wapa menjelaskan upaya mendekatkan pelayanan kepada peserta sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan laju pertumbuhan peserta JKN-KIS khususnya segmen kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Selain itu, layanan jemput bola yang dihadirkan juga diharapkan mampu memberikan pelayanan maksimal dan menampung masukan masyarakat.

“Tujuannya untuk mempermudah peserta dalam hal mengakses pelayanan Program JKN-KIS seperti pendaftaran, perubahan dan update data, meminta informasi serta menyampaikan keluhan terkait pelayanan Kesehatan, kita hadir lebih dekat kepada masyarakat dan melakukan jemput bola dan tidak perlu antre ke kantor lagi, harapannya masyarakat bisa lebih nyaman dan puas terhadap program ini,” jelas Wapa.

Wapa menjelaskan, layanan MCS yang dihadirkan merupakan layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan secara berkeliling dengan menggunakan kendaraan roda empat yang beroperasi untuk memberikan bermacam-macam pelayanan selayaknya di kantor cabang. Adapun layanan yang disediakan antara lain berupa pendaftaran peserta baru, update data peserta, pencetakan Kartu Indonesia Sehat, pembayaran iuran dan berbagai sosialisasi yang dibutuhkan oleh peserta JKN-KIS.

"Pada dasarnya, pelayanan yang dihadirkan dalam MCS ini sama seperti pelayanan yang diberikan di kantor cabang. Namun, dengan adanya layanan jemput bola ini, bisa memberikan dampak positif bagi peserta yang memiliki kesulitan akses ke kantor cabang, kini mereka dapat mengakses di layanan jemput bola ini," tambah Wapa.

Dalam kesempatan tersebut, terlihat banyak peserta yang sangat antusias mengakses layanan melalui MCS. Venny, salah seorang warga yang datang ke kegiatan MCS menyambut baik kegiatan yang berlajan.

”Menurut saya, dengan adanya pelayanan mobil BPJS Kesehatan ini di sekitaran wilayah lempuing terkesan sangat membantu masyarakat terutama untuk pasien di wilayah Puskesmas Lempuing, karena saya dan mereka yang datang tadi dapat merubah data pribadi di BPJS Kesehatan seperti nomor handphone, pemindahan faskes pelayanan, dan mengecek status peserta BPJS Kesehatan terkesan lebih ringkas dan tidak perlu pergi ke kantor Kesehatan,” jelas Venny.


File :