PDKT ala BPJS Kesehatan Muara Bungo Jangkau Masyarakat Pedesaan

Penulis : Humas Dibaca : 877 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 16 Jan 2022 05:23:00

Bungo, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo mengadakan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Balai Dusun Mulya Jaya Rabu, (12/01) dengan mengusung tema Pelayanan Desa Kecamatan Terpadu (PDKT). Kegiatan tersebut merupakan salah satu usaha dalam memaksimalkan pelayanan ke peserta sampai ke desa-desa.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Neri Eka Putri menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan, pendaftaran, memperbarui data peserta, dan mengingatkan peserta untuk melakukan pembayaran atau melunasi tunggakan iuran JKN-KIS.

“Kegiatan ini untuk memaksimalkan informasi tentang Program JKN-KIS kepada warga di desa dan kecamatan yang terkendala jarak untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan. Jadi, kami turun langsung untuk jemput bola agar dapat memaksimalkan pemberian pelayanan, perluasan peserta bagi yang belum mendaftar serta pembayaran tunggakan atau iurannya,” ujar Neri.

Neri menambahkan bahwa kegiatan PDKT tersebut direncanakan akan terus dijalankan ke desa dan kecamatan lainnya demi memaksimalkan sosialisasi kepada Peserta JKN-KIS.

“Dusun Mulya Jaya ini merupakan desa pertama yang dikunjungi dalam kegiatan PDKT kali ini. Selanjutnya kami akan susun jadwal PDKT ke desa dan kecamatan lain karena kegiatan tersebut secara rutin setiap pekan,” kata Neri.

Sementara itu, Kepala Desa Mulya Jaya, Soma menyampaikan antusiasnya mewakili masyarakat desa atas kedatangan Tim PDKT dari BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang datang sehingga pertanyaan tentang Program JKN-KIS dapat langsung ditanyakan oleh warga. Memang ada hambatan bagi kami di sini untuk dapat langsung ke kantor karena akses jalan yang belum sepenuhnya memadai dan jarak tempuh yang lumayan jauh, kurang lebih butuh waktu sekitar 2 jam,” ujar Soma.

Soma pun mengimbau kepada warga Dusun Mulya Jaya untuk dapat berkumpul di Balai Dusun sehingga dapat berinteraksi langsung dengan Tim BPJS Kesehatan yang hadir pada saat itu. Ia menyebutkan bagi masyarakat yang ingin mendaftar menjadi peserta baru JKN-KIS agar dapat menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan yaitu fotokopi KTP, KK, buku tabungan, meterai serta menyiapkan informasi seperti nomor kontak yang dapat dihubungi serta menentukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat berobat.

“Jadi saya berharap kepada seluruh warga yang belum hadir di balai dusun ini minta tolong diberi tahu. Saya harap permasalahan daftar serta kendala terkait Program JKN-KIS yang selama ini masih jadi pertanyaan silahkan tanyakan langsung karena kita ke kabupaten terlalu jauh dan menyita waktu,” tutur Soma.(IR/ss)


File :