Fitur Mobile JKN Terbukti Permudah Urusan Peserta JKN-KIS

Penulis : Humas Dibaca : 22906 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 20 Jan 2022 12:48:33

Prabumulih, Jamkesnews - Di era serba digital saat ini, semua penyedia layanan jaminan kesehatan berlomba-lomba memberikan kemudahan akses layanan bagi setiap pesertanya. Untuk Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan sebagai pengelola telah menyediakan aplikasi khusus agar mempermudah peserta JKN-KIS  dalam mengakses informasi. Mobile JKN merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui gadget yang dapat diunduh melalui playstore ataupun appstore.

Melalui aplikasi ini semua layanan dan informasi penting peserta dapat di akses dalam satu genggaman. Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat menu peserta, ubah data peserta, ketersediaan tempat tidur, pendaftaran pelayanan, premi, konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, skrining kesehatan, obat yang ditanggung, catatan pembayaran, pendaftaran peserta, pembayaran, riwayat pelayanan, informasi dan pengaduan, info JKN, lokasi dan skrining Mandiri Covid-19.

Yudi Darmawan (39) merupakan warga Kota Prabumulih adalah salah satu dari sekian banyak orang yang telah mengakui banyak kemudahan dari aplikasi Mobile JKN. Ia adalah peserta Program JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) telah merasakan berbagai manfaat dan kemudahan melalui aplikasi Mobile JKN.

“Saya sudah lama terdaftar dalam Program JKN-KIS dan dulunya saya sering ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus administrasi kepesertaan saya dan keluarga. Namun setelah mengunduh aplikasi Mobile JKN pada smartphone saya, pengurusan berbagai administrasi kini menjadi sangat mudah. Selain dapat melihat status kepesertaan, saya juga dapat langsung mengunduh kartu JKN-KIS digital saya dan keluarga,” ujarnya (16/01).

Yudi merasa sangat senang dengan hadirnya aplikasi Mobile JKN, karena dirinya tidak perlu lagi mengantre ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk sekedar mengecek tagihan atau pindah fasilitas Kesehatan. Bahkan pendaftaran pun cukup melalui genggaman. Selain itu terdapat pula fitur pengaduan bagi peserta jika mengalami kendala dalam mengakses pelayanan JKN-KIS.

“Dulu, saya pindah domisili atau ingin mengubah fasilitas kesehatan, saya harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan, namun setelah saya menggunakan aplikasi Mobile JKN ini, saya tidak perlu lagi repot-repot untuk keluar rumah, karena data dan fasilitas kesehatan saya dapat diubah melalui smartphone saya,” kata Yudi.

Sebelum menutup pembicaraan, Yudi berharap semoga aplikasi Mobile JKN ini terus berkembang sehingga bisa memberikan lebih banyak lagi kemudahan dalam memperoleh pelayanan dan informasi terkait Program JKN-KIS. (RW/df)


File :