Raih UHC, Pemerintah Kota Manado Pastikan Jaminan Kesehatan Untuk Masyarakat

Penulis : Humas Dibaca : 1552 Kategori : Berita Umum
Tanggal Posting : 24 Jan 2022 08:29:12

Manado, Jamkesnews – Sebagai bukti komitmen Pemerintah Kota Manado terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), per Januari 2022 Pemerintah Kota Manado telah meraih predikat Universal Health Coverage (UHC). Pencapaian UHC ini tidak lepas dari upaya Pemerintah Kota Manado dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui Progam JKN-KIS. Hal tersebut diungkapkan oleh Meryta Rondonuwu selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado saat memberikan piagam penghargaan UHC kepada Pemerintah Kota Manado, Selasa (18/01).   

“Kontribusi Pemerintah Kota Manado sangatlah berarti bagi seluruh masyarakat. Dengan mencapai UHC, maka kesejahteraan kesehatan di Kota Manado semakin terjamin. Kami bersama Pemerintah Kota Manado akan terus berupaya maksimal demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Meryta.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Manado, Andrei Angow menyampaikan selain masyarakat umum, pihaknya juga akan berkomitmen mendaftarkan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota Manado ke dalam Program JKN-KIS.

“Salah satu yang menjadi target kami ditahun 2022 ini yaitu, kami akan mengikutkan seluruh kepala lingkungan dan honorer yang ada di Kota Manado menjadi peserta JKN-KIS segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU),” terang Andrei.

Andrei menambahkan, jika masih terdapat masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN, agar dapat berperan aktif untuk melaporkan dirinya melalui Dinas Sosial.

“Kami berkomitmen agar seluruh masyarakat Kota Manado yang memenuhi syarat untuk dijamin kedalam Program JKN-KIS, agar dapat melapor untuk segera didaftarkan,” tambah Andrei.

Lebih lanjut Andrei mengucapkan terima kasih atas plakat dan sertifikat penghargaan UHC yang diberikan BPJS Kesehatan kepada pihaknya.

“Saya berharap, ke depannya akan ada kerja sama lain yang lebih baik sehubungan dengan berbagai program dalam kaitannya dengan BPJS Kesehatan di Manado,” jelas Andrei.

Menurut data per 1 Januari 2022, jumlah penduduk Kota Manado yang telah terdaftar pada Program JKN-KIS adalah sebanyak 498.164 Jiwa. Tercapainya UHC Kota Manado ini membuat masyarakat mempunyai akses kemudahan untuk kebutuhan pelayanan kesehatan baik pada tahap  promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang pastinya berkualitas dan efektif. (Ge/js)


File :