PANDUAN MOBILE JKN

IURAN KEPESERTAAN JKN

  • Panduan untuk melihat informasi iuran yang harus dibayar

    Berikut merupakan langkah yang anda lakukan untuk melihat informasi iuran yang harus dibayar

    1. Pengguna terlebih dahulu tap Info iuran
    2. Informasi terkait status iuran akan ditampilkan

  • Fitur autodebet dikhususkan untuk Peserta Mandiri(PBPU)/Bukan Pekerja(BP)

    BANK

    1. BRI
      - Tap BRI kemudian lanjut ke syarat dan ketentuan lalu tap checklist button > tap selanjutnya
      - Pada saat dihalaman muncul tagihan peserta, tap daftar autodebet
      - Selanjutnya dengan pengisian form pendaftaran autodebet BRI dengan mengisi nomor rekening, nama pemilik rekening, dan nomor handphone. Setelah selesai tap daftar autodebet
      - Setelah selesai dan sukes, maka akan muncul halaman pemberitahuan bahwa akun anda telah terdaftar dengan Bank BRI
    2. MANDIRI
      - Tap Mandiri kemudian lanjut ke syarat dan ketentuan lalu tap checklist button > tap selanjutnya
      - Pada menu Tagihan terdapat sub menu pendaftaran auto debit yang berguna untuk mendaftarkan auto debit untuk satu keluarga,
      - Pilih menu Bank Mandiri untuk mendaftarkan auto debit melalui Bank Mandiri, dimana akan tampil informasi syarat dan ketentuan yang harus dilakukan persetujuan
      - Klik tombol Saya Setuju untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pendaftaran auto debit Bank Mandiri, maka akan tampil data perkiraan biaya yang akan dilakukan pendebitan setiap bulannya
      - Klik tombol daftar auto debit untuk mendaftarkan peserta auto debit Bank Mandiri untuk satu keluarga, masukkan data no rekening, nama rekening dan no handphone yang digunakan.
      - Setelah data lengkap dan sesuai klik tombol daftar auto debit, maka akan tampil kotak dialog untuk mengisikan OTP yang telah dikirimkan oleh Bank Mandiri ke no handphone yang terdaftar dengan no rekening.
      - Masukan data OTP tersebut
      - Pastikan OTP yang dimasukkan sudah sesuai dengan SMS OTP yang telah dikirimkan, kemudian klik tombol Verifikasi untuk proses penyimpanan data auto debit
    3. BCA
      - Tap BCA kemudian muncul halaman syarat dan ketentuan pendaftaran auto debit bank BCA, tap checklist button > tap selanjutnya
      - Setelah tap selanjutnya, lalu anda akan dihadapkan dengan ketentuan autodebet BCA, tap setuju
      - Masukkan Nomor Kartu Debit BCA, maka akan secara otomatis mengisi Nomor Rekening dan Nomor Ponsel yang terdaftar pada SMS Banking. Pilih Setuju
      - Masukan OTP
      - Pendaftaran Autodebit melalui Bank BCA berhasil
    4. BTN
      - Pilih menu Bank BTN untuk mendaftarkan auto debit melalui Bank BTN, dimana akan tampil informasi syarat dan ketentuan yang harus dilakukan persetujuan
      - Klik tombol Saya Setuju untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pendaftaran auto debit Bank BTN, maka akan tampil data perkiraan biaya yang akan dilakukan pendebitan setiap bulannya
      - Klik tombol daftar auto debit untuk mendaftarkan peserta auto debit Bank BTN untuk satu keluarga, masukkan data no rekening, nama rekening dan no handphone yang digunakan.
      - Setelah data lengkap dan sesuai klik tombol daftar auto debit, maka akan tampil kotak dialog untuk mengisikan OTP yang telah dikirimkan oleh Bank BTN ke no handphone yang terdaftar dengan no rekening.
      -
      - Pastikan OTP yang dimasukkan sudah sesuai dengan SMS OTP yang telah dikirimkan, kemudian klik tombol Verifikasi untuk proses penyimpanan data auto debit

  • Fitur autodebet ini dikhususkan untuk Peserta Mandiri(PBPU)/Bukan Pekerja(BP). Berikut langkah yang harus anda lakukan untuk mendaftar AUTODEBET

    NON-BANK

    1. DOKU WALLET
      - Lakukan login pada aplikasi Mobile JKN kemudian pilih pendaftaran auto debit yang berguna untuk mendaftarkan auto debit untuk satu keluarga
      - Pilih Doku Wallet
      - Masukkan No Handphone untuk pengiriman OTP. Sebagai informasi, pendaftaran menggunakan DOKU Wallet ini bisa dilakukan baik yang sudah ataupun belum memiliki akun DOKU Wallet. Apabila belum memiliki akun DOKU Wallet maka akan terdaftar akun DOKU Wallet setelah berhasil mendaftar Autodebit.
      - Masukan OTP
      - Pendaftaran Autodebit melalui DOKU Wallet berhasil, maka pada home page akan muncul widget DOKU Wallet
    2. FINPAY
      - Lakukan login pada aplikasi Mobile JKN kemudian pilih Menu Home
      - Pada menu Home terdapat sub menu pendaftaran auto debit yang berguna untuk mendaftarkan auto debit untuk satu keluarga
      - Pilih menu Mobile Cash untuk mendaftarkan auto debit Mobile Cash, masukkan Nomor handphone yang terdaftar mobile cash atau yang akan didaftarkan mobile cash untuk dapat dilakukan pendebitan setiap bulannya untuk satu keluarga
      - Lakukan centang pada persetujuan dan ketentuan yang berlaku untuk mendaftarkan auto debit
      - Klik tombol Lanjut, maka akan tampil halaman untuk mengisikan OTP yang terkirim pada no handphone yang telah dimasukkan sebelumnya
      - Lakukan pengecekan pada SMS OTP yang telah dikirimkan oleh Finpay
      - Masukkan kode OTP yang diterima tersebut untuk melakukan verifikasi, waktu yang diberikan untuk verifikasi tersebut adalah 60 detik. Jika waktu verifikasi telah habis peserta dapat menggunakan fungsi kirim ulang sms yang terdapat pada tombol halaman verifikasi.
      - Jika verifikasi sudah sesuai maka pendaftaran autodebit menggunakan mobile cash berhasil dilakukan dengan informasi sebagai berikut. Pastikan saldo Mobile Cash telah tersedia untuk setiap bulannya dapat dilakukan pendebitan
    3. I. SAKU
      - Pilih I. Saku
      - Masukkan No Handphone untuk pengiriman OTP. Sebagai informasi, pendaftaran menggunakan i-Saku ini hanya bisa dilakukan menggunakan Nomor HP yang sudah terdaftar/memiliki akun i-Saku.
      - Masukan OTP
      - Pendaftaran Autodebit melalui i-Saku berhasil, maka pada home page akan muncul widget i-Saku

  • Berikut merupakan langkah untuk melihat riwayat pembayaran

    1. Tap Info riwayat pembayaran pada menu lainnya lalu anda akan ditampilka riwayat pembayaran anda

    1. Tap menu lainnya, selanjutnya Tap Info Virtual Account
    2. Kemudian halaman info virtual account akan dimuat

  • Fitur Rencana Pembayaran Bertahap merupakan program yang disediakan bagi peserta PBPU dan Bukan Pekerja dengan tunggakan lebih dari 3 bulan (4 s.d 24 bulan) untuk dapat melakukan pembayaran tunggakan secara bertahap/mencicil. Berikut merupakan langkah yang harus dilakukan

    1. Pada menu Home, pilih Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) maka akan muncul informasi awal mengenai program REHAB, klik Lanjut.
    2. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai Total Tunggakan Satu Keluarga dan Simulasi Tagihan. Klik Selanjutnya maka akan muncul Syarat dan Ketentuan pendaftaran program REHAB, pilih Saya Setuju dan klik Selanjutnya.
    3. Setelah itu akan muncul simulasi tagihan pembayaran tunggakan bertahap. Pilih Jangka Waktu Pembayaran Bertahap dan klik Lanjut untuk menampilkan simulasinya.
    4. Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 bahwa tunggakan yang ditagihkan oleh BPJS Kesehatan kepada Peserta adalah maksimal sebanyak 24 bulan, bagi Peserta yang memiliki tunggakan kurang dari 24 bulan, maka iuran bulan berjalan akan tetap terbentuk dan menjadi penambah tunggakan peserta hinga maksimal 24 bulan. Selanjutnya, setelah peserta menyelesaikan proses pemilihan jangka waktu pembayaran tunggakan, maka akan muncul potensi penambahan tunggakan. Pada menu ini, peserta dapat memilih untuk langsung melakukan pembayaran secara penuh atau pembayaran bertahap dengan jangka waktu maksimal 3 bulan terhadap potensi penambahan tagihan tersebut. Setelah memilih jangka waktu penyelesaian tunggakan, peserta dapat memilih tombol Daftar. Pastikan e-mail sudah sesuai, apabila data e-mail belum sesuai, maka dapat dilakukan perubahan pada menu Ubah Data, apabila sudah sesuai maka klik Setuju.
    5. Setelah itu akan muncul Syarat & Ketentuan terkait OTP, pilih Selanjutnya dan masukkan OTP (OTP akan dikirimkan melalui SMS).
    6. Setelah berhasil, pada menu Home, pilih Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) maka akan muncul informasi awal mengenai program REHAB, klik Lanjut
    7. Bagi peserta yang sudah mendaftar program REHAB maka akan ditampilkan informasi mengenai: Status pendaftaran, tanggal pendaftaran, besaran tunggakan saat mendaftar, dan besaran tunggakan yang akan dibayarkan setiap bulannya. Fitur Hitung Potensi Tagihan Bulan Berjalan untuk melihat potensi penambahan tunggakan selama peserta mengikuti program REHAB.
    8. Apabila peserta ingin melakukan pelunasan, maka pilih fitur Pelunasan Program, yang selanjutnya akan muncul ketentuan pelunasan program REHAB beserta nominal yang harus dibayar (total dari tunggakan dan tagihan bulan berjalan). Lalu Pilih Alasan Pelunasan dan klik Setuju