PANDUAN MOBILE JKN

PELAYANAN PROGRAM JKN

  • Panduan untuk mendaftar/mengambil antrean pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (PUSKESMAS, KLINIK, DOKTER PERORANGAN)

    Fitur pendaftaran pelayanan digunakan untuk peserta lebih mudah dalam mengambil antrean di FKTP terdaftar yang terintegrasi dengan Aplikasi Antrean Faskes dan Aplikasi Pcare. Adapun tata cara dalam penggunaan fitur ini adalah sebagai berikut:

    1. Pilih Menu Home, maka aplikasi akan menampilkan beberapa sub menu diantaranya sub menu Pendaftaran Pelayanan
    2. Pilih dan tap menu Pendaftaran Pelayanan, maka akan tampil halaman untuk peserta dapat mengambil no antrean pada FKTP terdaftar.
        a. FKTP tersebut sudah terdaftar menggunakan aplikasi Antrean Faskes dimana Kantor Cabang harus melakukan update profil faskes terkait ketersediaan sistem Antrean BPJS Kesehatan
        b. Kantor cabang harus melakukan update jadwal praktik agar peserta dapat melakukan pengambilan no antrean sesuai dengan jadwal praktik dari FKTP tersebut
        c. Peserta yang akan melakukan pengambilan no antrean harus memiliki status aktif
    3. Lakukan pemilihan peserta dan poli yang akan dilakukan pemeriksaan dan tuliskan keluhan yang dialami
    4. Pilih tombol daftar pelayanan untuk mendapatkan no antrean sesuai dengan poli peserta. Lakukan refresh untuk melihat sisa antrean yang sedang dilayani dari faskes tersebut
    5. Jika akan dilakukan pembatalan antrean maka klik tombol “Batalkan” dan untuk melakukan ambil antrean baru klik tombol “Ambil Antrean Baru”

    1. Pilih Fasilitas Kesehatan untuk memilih FKTP yang akan dituju, apabila FKTP peserta tersebut DPP maka akan muncul pilihan Dokter Gigi terdaftar.
    2. Pilih Poli maka akan menampilkan Poli yang tersedia pada FKTP tersebut, pilih Poli yang akan dituju
    3. Pilih Tanggal Daftar untuk menentukan kapan akan mengunjungi FKTP tersebut, nomor antrean dapat diambil pada Hari ini atau Besok
    4. Pilih Jadwal Praktik akan menampilkan daftar dokter beserta jadwal shiftnya, sehingga peserta dapat memilih sendiri kapan shift yang sesuai dengan waktunya.

  • Berikut merupakan langkah yang anda lakukan untuk menggunakan fitur ini

    1. Tap icon Konsultasi Dokter dari menu Home
    2. Untuk memulai percakapan pilih Mulai Konsultasi atau klik tombol biru di pojok kanan bawah
    3. Setelah itu pilih dokter yang ingin dilakukan konsultasi kesehatan. Hanya dokter yang berstatus online yang bisa dilakukan konsultasi, yang bersattus offline akan menampilkan jadwal online terdekatnya
    4. Sampaikan keluhan sebagai pembuka percakapan/konsultasi, lalu pilih Mulai Chat, Maka akan membuat sesi chat
    5. Setelah konsultasi dirasa cukup maka klik End, peserta akan diminta mengisi rating untuk sesi chat tersebut
    6. Beri penilaian pada sesi konsultasi dengan memilih jumlah bintang sesuai kepuasan dari user, dan berikan komentar anda. Lalu klik “Ya”
    7. Pop Up Notification akan ditampilkan
    8. Di menu Konsultasi Dokter, peserta bisa melihat riwayat sesi chatnya dengan meng-klik tombol riwayat di pojok kanan. Klik Sesi Chat tersebut untuk melihat detail percakapannya

    1. Klik Menu Lainnya
    2. Klik Info Jadwal Tindakan Operasi

  • Berikut merupakan langkah yang digunakan untuk menggunakan fitur ini


    Pilih Tab Jadwal Operasi Rumah Sakit untuk melihat seluruh Jadwal Rumah Sakit yang ada. Lakukan pencarian rumah sakit yang ingin diketahu informasinya, apabila terdapat jadwalnya makan akan muncul, namun jika tidak aka nada informasi Data Jadwal Operasi yang anda cari tidak ditemukan

  • Panduan untuk melakuka skrining riwayat kesehatan

    Fitur skrinning riwayat kesehatan digunakan untuk peserta dan anggota keluarga terdaftar dalam melakukan skrinning kesehatan. Berikut merupakan langkah yang anda lakukan untuk menggunakan fitur ini

    1. Langkah pertama Tap icon Skrining Riwayat kesehatan dari menu Home lalu ke Menu Lainnya
    2. Pilih No. Kartu BPJS yang ingin ditampilkan data skrining riwayat kesehatan. Jika sudah pernah melakukan skrining dan belum lewat 1 (satu) tahun, akan tampil hasil skrining terakhir, jika belum pernah melakukan skrining atau sudah pernah tetapi sudah lewat 1 (satu) tahun, akan masuk menu skrining

  • Fitur info riwayat pelayanan digunakan untuk melihat informasi terkait riwayat pelayanan peserta Mobile JKN. Berikut merupakan langkah yang anda lakukan untuk menggunakan fitur ini

    1. Langkah pertama, Tap menu lainnya lalu tap Info Riwayat Pelayanan
    2. Informasi riwayat pelayanan ditampilkan

  • Fitur ini berfungsi untuk mempermudah user dalam mencari ketersediaan tempat tidur RS. Anda dapat melihan seberapa jauh rumah sakit dan mendapatkan informasi tambahan berupa no. telpon, dan alamat RS. Fitur ini dapat dilihan di menu lainnya dengan tap Info Ketersediaan Tempat Tidur.